Cara Memulihkan Lembar Kerja yang Terhapus di Excel

Apakah Anda tidak sengaja menghapus lembar kerja di Excel? Halaman ini menunjukkan cara memulihkan lembar kerja yang terhapus di Excel sebelum atau setelah menyimpan tanpa kehilangan perubahan apa pun. Dan jika Anda tidak sengaja menghapus seluruh dokumen Excel alih-alih satu lembar kerja, Anda dapat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk memulihkannya kembali.

Daftar isi

Updated by Daisy on Sep 11,2024

Dalam artikel ini, Anda dapat mempelajari cara membatalkan lembar yang dihapus di Excel dan memulihkan dokumen Excel yang dihapus secara permanen dengan EaseUS Data Recovery Wizard . Di akhir halaman ini, Anda akan melihat panduan tambahan tentang cara memulihkan file Excel yang belum disimpan secara efektif.

Solusi yang Bisa Diterapkan Pemecahan Masalah Langkah demi Langkah
1. Memulihkan lembar kerja yang dihapus

Metode 1. Buka "File" > klik "Save as" > buka kembali dokumen Excel asli > salin... Langkah lengkapnya

Metode 2. Buka file excel > klik "Beranda" > klik "Riwayat" > klik "Sebelumnya" .... Langkah-langkah lengkap

2. Memulihkan file Excel yang dihapus Unduh perangkat lunak pemulihan file Excel > pilih lokasi untuk memindai > pratinjau dan pulihkan... Langkah-langkah lengkap
3. Memulihkan file Excel yang belum disimpan Buka Excel > klik "File" dan "Info" > klik "Kelola Buku Kerja" > pilih Pulihkan... Langkah lengkapnya

Bekerja pada dokumen Excel tetapi tidak sengaja menghapus tab lembar kerja yang berisi data penting? Sungguh bencana! Saat ini, Anda biasanya memiliki dua pilihan. Salah satunya adalah menutup file Excel tanpa menyimpan untuk memulihkan lembar kerja yang dihapus, dan yang lainnya adalah mengklik tombol simpan untuk menyimpan semua perubahan tetapi kehilangan kesempatan untuk membatalkan file yang dihapus. Sulit untuk memutuskan karena setiap pilihan akan memaksa Anda untuk mengorbankan sesuatu.

Sekarang Anda berada di sini, Anda dapat menemukan solusi untuk dilema ini.

Memulihkan Lembar (Data) yang Dihapus di Excel 2007/2010/2013/2016

Anda dapat mempelajari cara memulihkan lembar dan data yang terhapus di Excel tanpa kehilangan perubahan apa pun dari tutorial grafis berikut.

Metode 1. Memulihkan Lembar Kerja yang Dihapus di Excel Sebelum Menyimpannya

Saat Anda menghapus lembar di Excel, tidak ada opsi Batalkan untuk Anda. Cara termudah untuk mengembalikannya adalah dengan menutup buku kerja Anda tanpa menyimpan perubahan, lalu membukanya kembali. Lembar kerja yang dihapus akan ada lagi. Namun, bagaimana jika Anda telah membuat banyak perubahan penting pada buku kerja dan tidak ingin menghapusnya? Bagaimana cara memulihkannya? Berikut solusinya.

1. Buka "File", dan klik "Save As" untuk menyimpan dokumen Excel Anda dengan nama file yang berbeda.

2. Buka kembali dokumen Excel asli Anda.

3. Salin lembar kerja yang dihapus dari file asli ke dokumen baru yang telah diganti namanya.

Metode ini akan membantu Anda memulihkan data lembar kerja yang dihapus ke dokumen Excel baru yang telah diganti namanya dan menyimpan semua perubahan yang telah Anda buat pada Excel.

Metode 2. Memulihkan Lembar Kerja yang Dihapus di Excel Setelah Menyimpan

Jika Anda telah menyimpan dokumen Excel yang sedang Anda kerjakan, file asli akan tertimpa, dan tidak ada tempat untuk membukanya guna memulihkan lembar kerja yang dihapus. Dalam kasus ini, Anda dapat mencoba memulihkan dokumen Excel asli melalui Versi Sebelumnya.

1. Tekan Windows + E untuk membuka File Explorer lalu buka folder yang digunakan untuk menyimpan dokumen Excel.

2. Klik berkas Excel, klik tab "Beranda" pada bilah alat, lalu klik tombol "Riwayat" di grup Buka. Ini akan memberi tahu Riwayat Berkas untuk menampilkan semua berkas yang terdapat dalam cadangan terkini dari folder tersebut.

3. Klik tombol "Sebelumnya" untuk mencari dan memilih versi yang akan dipulihkan. Kemudian klik tombol hijau "Pulihkan" untuk mengembalikan lembar kerja Excel yang terhapus.

Pulihkan lembar kerja yang dihapus di Excel setelah menyimpan melalui Riwayat File

Anda dapat memulihkan lembar yang dihapus di Excel melalui dua pendekatan di atas. Misalkan Anda tidak sengaja menghapus seluruh dokumen Excel alih-alih lembar kerja tertentu, bagaimana Anda dapat mengembalikan file tersebut? Jangan khawatir, baca bagian berikut, dan Anda akan menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah.

Cara Memulihkan File Excel yang Terhapus di Windows 10/11

Anda mungkin kehilangan dokumen Excel karena berbagai alasan, seperti penghapusan yang tidak disengaja, pemformatan hard drive, kerusakan/korupsi perangkat, crash OS, dll. Jika Anda menghadapi situasi ini, jangan putus asa. Anda dapat menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk membantu Anda memulihkan file Excel yang hilang, meskipun telah dihapus secara permanen.

  • Pulihkan file, dokumen, foto, audio, musik, email yang hilang atau terhapus secara efektif
  • Memulihkan file dari kartu SD , flashdisk USB, Recycle Bin yang kosong, kartu memori, kamera digital, dan camcorder
  • Memperbaiki file yang rusak setelah pemulihan data, termasuk memperbaiki file Excel yang rusak

Langkah 1. Pilih lokasi dan klik "Pindai"

Pilih drive atau folder tertentu di Desktop atau tempat lain tempat Anda kehilangan file excel, dan klik tombol "Cari Data yang Hilang".

pilih lokasi file Excel

Langkah 2. Temukan file excel Anda

Untuk menemukan berkas Excel dari hasil pemindaian dengan cepat, klik opsi "Dokumen" di panel kiri. Pilih "xls" atau "xlsx", lalu klik "Pratinjau" untuk memeriksa apakah berkas Excel tersebut adalah berkas yang diinginkan.

pilih lokasi dan klik pindai

Langkah 3. Pulihkan file Excel

Terakhir, pilih file Excel yang diinginkan dan klik tombol "Pulihkan". Kemudian, pilih folder untuk menyimpan file Excel ke lokasi lain di drive lokal atau penyimpanan cloud Anda.

pilih lokasi dan klik pindai

Bacaan relevan: Cara memulihkan dokumen Word yang tidak disimpan dan dihapus di Windows 10

Panduan Tambahan: Cara Memulihkan File Excel yang Belum Disimpan

Ketika kita berbicara tentang pemulihan data excel, ada juga kebutuhan besar lainnya untuk memulihkan file excel yang belum disimpan. Hal ini sering terjadi pada hampir semua orang. Bekerja siang dan malam untuk dokumen Excel yang penting, tetapi listrik tiba-tiba padam, komputer Anda mati dan tidak memberi Anda waktu untuk mengklik tombol simpan. Tentu saja, file Excel yang Anda gunakan akan hilang.

Dalam kasus ini, Anda mungkin menjadi sangat cemas karena dokumen Excel yang berisi banyak data akan hilang. Tenang saja. Untungnya, berkat fitur AutoRecover bawaan Excel, Anda dapat memulihkan Excel yang belum disimpan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Excel, klik "File", lalu klik "Info." Klik tombol "Kelola Buku Kerja", lalu pilih "Pulihkan Buku Kerja yang Belum Disimpan" dari menu.

memulihkan file Excel yang belum disimpan - 1

2. Kemudian, akan muncul jendela yang meminta Anda untuk melihat seluruh file Excel yang belum disimpan. Pilih file yang ingin dipulihkan, lalu klik "Buka" untuk memuat buku kerja.

memulihkan file Excel yang belum disimpan - 2

3. Klik tombol "Simpan Sebagai" pada bilah kuning untuk memulihkan lembar kerja.

Solusi ini tidak akan berfungsi jika AutoRecover dinonaktifkan. Anda dapat mengaktifkannya dengan cara berikut:

Buka Excel, lalu klik "File" > "Options". Di panel navigasi sebelah kiri, klik "Save". Ubah durasi AutoRecover di "Save AutoRecover information every xx minutes" dan klik "OK".

memulihkan file Excel yang belum disimpan - 3

Bahkan jika Anda telah mengaktifkannya, secara umum, komputer Anda akan menyimpan file sementara yang belum disimpan selama empat hari setelah versi terbaru. Jadi, untuk memastikan keamanan data, sebaiknya Anda menyimpan dokumen secara teratur dan mencadangkan file yang disimpan ke hard drive eksternal jika cukup penting.